Stupid Melancholy

Just a blog that talks ’bout my own world

Archive for the ‘Game’ Category

Galge

with 2 comments

Memutuskan untuk bikin review soal galge yang lagi dimainin. Lp ngasih tau kl ternyata Speedy saya juga mendapatkan benefit dari peningkatan bandwidth.

Eine Liebesgeschichte in Sakura Strasse

presented by Palette

http://www.clearrave.co.jp

Tokoh-tokoh:

Ayase Harumi (綾瀬春美) pemeran utama dan pengganti sementara pengurus restoran Kamome

Ayase Yuka (綾瀬優佳) kakak Harumi dan tokoh incaran kedua

Ayase Misaki (綾瀬美咲) ibu dari Harumi dan Yuka, serta pengurus restoran Kamome generasi ke-II.

Onodera Saki (小野寺早希) anak pemilik tempat usaha restoran Kamome dan teman Yuka

Satomura Karin (里村かりん) teman masa kecil Harumi dan tokoh incaran ketiga

Lulli (ルウリィ) partner sihir Marie dan tokoh incaran keempat

Marie Rudel (マリー・ルーデル) tokoh incaran utama

Claudia Clement (クラウディア クレメント) wali dari Christof

Christof Clement (クリストフ クレメント) tunangan Marie dari Jerman yang masih berumur 10-12 tahun

Jalan cerita:

Well, agak sulit ngejelasinnya. At least, ayah dari tokoh utama (Ayase Harumi) menikah untuk kedua kalinya dengan Ayase Misaki yang punya putri bernama Ayase Yuka (jangan tanya nama belakang Misaki dan Yuka sebelumnya, ngga diceritain dalam gamenya). Trus, ini rada ngga jelas, entah ayah atau ibunya tokoh utama itu punya restoran yang namanya Kamome-Tei (カモメ亭). Lalu, karena suatu sebab, ayahnya Harumi meninggal dan kepengurusan restoran dilanjutkan oleh Ayase Misaki.

Suatu hari, Ayase Misaki pingsan saat bekerja, karena kelelahan, sehingga sang tokoh utama yang sedang magang di restoran (berhenti sekolah pas SMU setahun yang lalu, jadi umurnya kurang lebih 17/18 tahun ) di tempat lain disuruh pulang cepat-cepat oleh Ayase Yuka, kakaknya (karena Yuka sudah mahasiswi, jadi umurnya kira-kira 20/21 tahun). Di tengah perjalanan pulang, Harumi tidak sengaja jadi salah satu korban dari jatuhnya pesawat tempur Pasukan Pertahanan Jepang karena ditembak jatuh oleh Marie Rudel (gadis penyihir yang kabur dari rumahnya di Jerman bersama 使い魔/tsukaimanya Lulli, yang dengan bodohnya terbang di zona kawasan radar Jepang sehingga menyebabkan dirinya diburu oleh 3 pesawat pemburu milik Pasukan Pertahanan Jepang, dimana salah satu pesawat tersebut ditembak jatuh oleh Marie dengan sihir tentunya).

Dalam kecelakaan tersebut, lengan kiri Harumi terpisah dari badannya. Untung saja, Marie menggunakan kekuatan sihir yang dimilikinya untuk menyembuhkan luka Harumi (meskipun sebenarnya, tindakan penyembuhan yang dilakukan oleh Marie hanya merupakan pertolongan pertama untuk keadaan darurat). Dan, untuk menyembuhkan luka Harumi secara sempurna, maka Marie diajak untuk tinggal dan bekerja di restoran Kamome bersama dengan Lulli (selain itu juga, Marie dan Lulli ngga bawa uang sehingga untuk beberapa hari pertama di Jepang mereka terpaksa tidur di taman/ruang terbuka). Sebelumnya, perlu diinformasikan kalau Harumi berhenti dari tempatnya bekerja dan bertekad untuk menjadi pengganti pengurus restoran Kamome selama Misaki dirawat di rumah sakit (kira-kira sebulan) karena kelelahan. Dan ditengah-tengah plot, datang Christof dan Claudia yang ingin menjemput Marie untuk pulang ke desanya. Namun, Marie tidak mau, karena di desanya, Marie hanya diakui dari segi kemampuan dan kemahirannya dalam melakukan sihir saja. Sementara di Kamome, Marie dihargai oleh Harumi karena kemampuannya dalam membuat makanan manis/penutup seperti kue dan permen (お菓子作り).

Dan, galge ini pun dimulai dengan kehidupan tokoh-tokoh diatas dengan setting tempat di restoran Kamome yang terletak di kawasan pertokoan “Sakura Strasse” yang menggunakan desain bangunan dan pemukiman di Eropa/Jerman. Setting waktu, antara bulan Maret-April (musim semi). Plot cerita, ada empat (Marie Rudel, Ayase Yuka, Satomura Karin, dan Lulli). Secara sederhana sih, hubungan cinta yang ada di galge ini memakai plot: teman masa kecil (Karin), pertemuan oleh nasib (Marie), orang yang lebih tua/kakak-adik yang tidak sedarah (Yuka), dan hubungan aneh (Lulli yang aslinya adalah kucing hitam, tapi bisa berubah jadi manusia berkat bantuan sihir Marie).

Jujur aja, gw belum nyelesain semua plot yang ada. Gw baru nyelesain plotnya Marie ama Lulli. Alasan gw milih dua plot ini karena Marie itu tokoh utama kedua setelah Harumi, punya sifat pemalu dan ceroboh, otaku, serta ukuran dadanya “lumayan” (LOL). Sementara pemilihan plot Lulli didasarkan pada penilaian cewek loli (???)/moe menurut diri gw sendiri. Dan jujur aja, manzai dan boke-tsukkomi yang ada di game ini mantep abis. Meskipun, ada beberapa yang tipikal juga sih.

Dan ada beberapa strong points di game ini yang cukup menggugah perasaan gw:

1. Kenyataan kalau Marie itu udah punya tunangan (Christof). Meskipun itu diputuskan secara sepihak oleh neneknya Marie (kepala desa) dan orangtuanya Christof. Kalau dipikir lebih lanjut, pertunangan antara Christof-Marie itu lebih mengarah ke pernikahan politik. Dengan kata lain, pernikahan hanya dianggap sebagai alat untuk memperkuat atau mendapatkan kekuasaan. Sementara Marie itu ngga bisa nolak gara-gara rasa tanggung jawab dan kepeduliannya kepada sesama yang terlalu tinggi.

2. Cara yang dipakai Harumi dan Christof untuk memutuskan siapa yang berhak untuk mendapatkan, menikah dan mendampingi Marie. Cara yang dipakai benar-benar konyol…, yaitu: pertandingan ジャンケンポン. Yang menang 3x, berhak mendapatkan Marie. Lebih konyol lagi, Christof bilang kl dia bakal pakai sihir pas adu suit. nn; Terang aja Marie marah, dan ampe bilang ke Harumi: “silahkan jatuh/落ちて下さい”. LOL Abis, Harumi kasih tahu soal pertandingan itu ke Marie pas lagi terbang pulang ke Jepang pake sapu terbang. Untung aja Harumi ngga benar-benar disuruh jatuh ama Marie. Cuma, Harumi kepaksa gelantungan pake satu lengan sambil megangin gagang sapu pas lagi terbang.

3. Sikap, tindakan, dan perkataan Karin yang kekanak-kanakan dan seringkali tidak pada tempatnya. Soalnya, Karin digambarkan sebagai anak gadis yang “kekanak-kanakan” dan tidak punya kesadaran kalau dia itu sudah jadi “perempuan dewasa”. Salah satu contoh: Karin buka rok pas lagi ada di tempat umum (di trotoar tepi jalan raya) hanya untuk menjawab pertanyaan Harumi yang menanyakan tentang warna celana dalam yang dipakai Karin saat itu. Akibat dari tindakan Karin tersebut, ada satu pria tidak dikenal (pengantar barang) yang lagi naik motor langsung jadi kehilangan kendali dan jatuh (kayanya) gara-gara melihat pemandangan “indah” yang tidak terduga tersebut. Alasan Harumi menanyakan warna CD Karin disebabkan karena tindakan Karin yang dengan egoisnya ingin digendong oleh Harumi sampai rumah. Dan berdasarkan logika, kl cowok gendong cewek dewasa, sudah pasti punggung kita bisa merasakan sentuhan yang “membahagiakan” di punggung kita kan. Sementara, cewek “normal ” pasti ngerasa agak risih (meskipun belum tentu juga) nn;

4. Ada beberapa kebiasaan orang Jepang yang suka banget mepergunakan bahasa Jeman, Rusia, dan Perancis, dan Cina. Secara ngga langsung juga ikut belajar soal bahasa-bahasa tersebut deh. x_x

Sekian review gw tentang Sakura Strasse. Terima kasih sudah mau membaca dan saya tunggu komentar-komentarnya.

Advertisements

Written by dnxag4

July 1, 2008 at 5:38 am

Posted in Game

暑いですね+Bishoujo Game

leave a comment »

なんとかしらないんですが、最近は暑くなってではないか。やっぱ今月は天気の変化かな。雨季から乾季になるの間ね。
それは何って言ったけ。梅雨かな… まあ~、…でも、それよりさあ…やっぱ、この蒸し暑い天気は耐えられないんだよ。
外へ出る気もないさあ…

Omong-omong soal game… Gw lg nungguin Izumo 3 dr temen gw…. Soalnya lg dipinjem DVD-nya ama temennya temen gw. Emg sih, beli lbh cepet, tp syg duitnya… Well, kl mau sih, lg pgn mainin Magus Tale… SD picturenya ngakak setengah mati… Well, UTS udh selesai… Cm tinggal nungguin hasilnya aja… Mg-mg bagus… Ngga kepikiran kl IPK musti turun lg… x_x

Written by dnxag4

April 13, 2008 at 8:42 am

Posted in 現実, Game, ranting